Kamis, 17 Oktober 2019

"RESUME SKRIPSI"

Bismillahirrohmanirohim Assalamualaikum warahmatullah wabaraktuh

RESUME SKRIPSI 

Nama : Jody Pramoja
NIM    : 11901209
Kelas  : PAI B
















A. Cover
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN)  14 PONTIANAK 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SKRIPSI


OLEH

SITI RAHMAWATI
1121100026




JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) 
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) 
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK 
TAHUN 2016/1437 H



B. Motto 
"PANDANGLAH HARI INI, KEMARIN ADALAH MIMPI DAN ESOK HARI HANYALAH VISI. TETAPI, HARI INI YANG SUNGGUH NYATA. MENJADIKAN KEMARIN SEBAGAI MIMPI BAHAGIA, DAN SETIAP HARI ESOK SEBAGAI VISI HARAPAN"



C. Abstrak
           SITI RAHMAWATI, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas V B Sekolah Dasar Negeri (SDN)  14 Pontianak Tahun Pelajaran 2015-2016 : Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dab Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Pontianak, 2016
         Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil survey awal penelitian menemukan bahwa kemampuan siswa kelas V B SDN 14 Pontianak Kota masih rendah khususnya dalam membaca Al-Quran, terbukti hanya 45% siswa mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar serta metode pembelajaran yang dipilih guru bersifat menoton sehingga menimbulkan kebiasaan siswa. 
           Masalah penelitian ini adalah mengetahui tentang :
 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran menggunakan metode drill pada siswa kelas V B sebelum menggunakan metode drill di sekolah Dasar Negeri 14 Pontianak Tahun Pelajaran 2015-2016. 2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran setelah menggunakan metode drill siswa kelas V b Sekolah Dasar Negeri 14 Pontianak Tahun Pelajaran 2015-2016. 3) Apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Quran antara sebelum dan sesudah menggunakan metode drill siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 14 Pontianak Tahun Pelajaran 2015-2016.
          Bentuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas atau classroom action research adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas atau disekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktek dab proses pembelajaran.


D. Daftar isi
                                       Halaman 

ABSTRAK 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN 
BAB I PENDAHULUAN
          A.  Latar Belakang 
          B. Fokus Penelitian 
          C. Tujuan Penelitian 
          D. Manfaat Penelitian 
BAB II MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE DRILL 
         A. Kemampuan Membaca Al-Quran 
              1. Keutamaan membaca Al-Quran 
              2. Pengertian kemampuan 
              3. Pengertian membaca Al-Quran 
              4. Pengertian membaca
              5. Manfaat membaca 
              6. Proses membaca 
              7. Tujuan membaca 
              8. Prinsip-prinsip membaca pemahaman 
              9. Tiga jenis petunjuk didalam Al-Quran 
             10. Kemampuan dan keterampilan membaca Anak
         B. Metode Drill
             1. Pengertian metode drill
             2. Tujuan metode drill
             3. Kelebihan metode drill (latihan siap) 
            4. Kelemahan metode drill (latihan siap) 
           5. Usaha mengatasi kelemahan metode drill
          6. Langkah-langkah metode drill
          7. Hipotesis 
BAB III METODE PENELITIAN 
       A. bentuk dan jenis penelitian 
          1. Bentuk penelitian 
          2. Jenis penelitian 
          3. Rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) 
               a. Tahap siklus
               b. Perencanaan tindakan
               c.  Pelaksanaan tindakan dan pengamatan
              d. Refleksi 
          4. Lokasi penelitian 
          5. Sumber data
          6. Teknik pengumpulan data
              a. Observasi 
              b. Pengukuran
              c. Dokumentasi 

          7. Teknik Analisis Data
BAB IV PAPARAN DATA DAN PEMBAHASAN 
      A. gambaran Umum Lokasi Penelitian 
          1. Identitas SD Negeri 14 Pontianak 
          2. Sejarah Singkat Berdirinya sd Negeri 14 Pontianak 
          3. Visi dan misi Madarasah
          4. Tujuan SD Negeri 14
          5. Keadaan Dewan Guru SD Negeri 14
          6. Keadaan Murid
          7. Fasilitas keadaan bangunan dan ruangan belajar di SD Negeri 14
          8. Potensi yang memiliki dan yang telah dikembangkan 
       B. Siklus Penelitian Dab Hasilnya
           1. Pra-siklus
           2. Siklus Pertama 
           3. Siklus kedua
           4. Siklus ketiga
       C. Pembahasan Hasil Kemampuan Belajar Siswa
BAB V PENUTUP
        A.  kesimpulan 
        B.  Saran
DAFTAR PUSTAKA 
  LAMPIRAN


E. Kutipan Teori
  Menurut Nawawi (1994:45) Salah satu alat komunikasi antar manusia adalah bahasa, dengan bahasa orang data menyampaikan apa yang terasa dihatinya kepada orang lain. 
   Menurut Tampubolon (1987:6-7) kemampuan berasal dari kata "mampu" yang berarti kuasa (bisa, sanggup melakukan sesuatu, dapat, berdaya, kaya, mempunyai harta berlebihan).
   Menurut Mary Leonhardt, (1999:27), Anak-anak harus gemar membaca agar dapat membaca dengan baik. Mereka hanya akan bersedia menggunakan sebagian besar waktunya untuk membaca jika mereka memang gembar membaca. 
    Menurut Winja Sanjaya (2009:54), mengatakan bahwa dari hasil studi model PTK yang kemudian penulis namakan PTK model siklus. Dinamakan model siklus, karena model ini lebih menonjolkan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh setiap peneliti mislnya guru dalam setiap kali putaran.
   Menurut Djunaidi Ghony (2008:86), Mengemukan bahwa skenario tindakan pembelajaran dan pengadaan alat dalam pelaksanaan tindakan serta personal yang akan dilibatkan dan lain-lain yang terkait dengan pelaksana tindakan.
   Menurut Sugiyono (2012:224-226). Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data.
   Menurut Muttaqien Said (2006:7). Al-Quran bacaan mulia,  setiap muslim yakin, membaca Al-Quran adalah amal yang paling mulia. Sebab yang dibaca itu adalah amal yang paling mulia. Sebab yang dibaca itu adalah kalamullah. Al-Quran sebaik-baik bacaan bagi orang mukmin baik dikala senang maupun susah.
   Menurut Fatihuddin (2015-162), sangat dianjurkan untuk sering-sering membaca Al-Quran.
    Menurut Nashruddin Baidan (2011:29-30). Berbagi defenisi Al-Quran telah diberikan oleh para ulama sesuai dengan latar belakang keahlian mereka masing-masing.
    Menurut Farida Rahim, (2005:12-13) Perkembangan ilmu membaca merupakan proses yang kompleks. Proses ini melibatkan sejumlah kegiatan fisik dan mental. Proses membaca terdiri aspek yaitu sensori, preseptual, urutan, pengalaman, pikiran, pembelajaran, asosiasi, sikap dan gagasan.

F. DAFTAR PUSTAKA
1) Nawawi, pedoman membaca Al-Quran (ilmu tajwib),  (Jakarta pusat: 3 mei 1994)
2) Tampubolon, kemampuan membaca teknik membaca efektif dan efisien. (Bandung : 1987)
3) Mary Leonhardr, cara menjadikan Anak anda kerajinan membaca. (Mizan, media utama,  1999)
4) Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta kencana, 2009)
5) Djunaidi Ghony, penelitian Tindakan Kelas. (Malamg, 2008)
6) Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. (Al Fabeta Bamdung, 2012)
7) Muttaqien Said, Menuju Generasi Quran Panduan menghafal Al-Quran. (penerbit firma rodheta : 2006)
8) Fatihuddin, sejarah Al-Quran kandungan dan keutamaannya. (Yongyakarta:2015)
9) Nashruddin Baidan, Metode Penafsiran Al-Quran, (Pustaka belajar)
10) Farida Rahim, pengajaran membaca disekolah dasar, (Jakarta : oktober 2005).


Sekian dan terimakasih
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

    












Tidak ada komentar:

Posting Komentar